Beranda > Artikel > Tips Merawat Kipas Angin

Tips Merawat Kipas Angin

Agustus 23, 2010

Ini adalah tips merawat kipas angin supaya kipas angin yang kita gunakan awet.

1. Bersihkanlah kawat pengaman pada kipas angin dari debu yang menempel. Usahakan membersihkannya setiap 2 minggu sekali.

2. Bersihkanlah baling-baling kipas dari debu yang menempel. Usahakan pada saat membersihkan baling-baling kipas ini harus sangat bersih,agar kipas dapat berputar dengan sempurna. Lakukanlah setiap 2 minggu sekali.

3. Untuk selanjutnya bagian pembersihan dan pelumasan poros kipas. Pada bagian ini kita harus rajin membersihkannya karena bagian ini merupakan sebagai pusat kinerja putaran baling-baling pada kipas. Pada pembersihan bagian ini kita siapkan kuas berukuran kecil untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dibersihkan. Setelah kita bersihkan lalu kita lumasi poros kipas dengan pelumas (contoh: WD-40). Pada bagian pembersihan dan pelumasan bagian ini kita dapat melakukannya setiap 1 bulan sekali.

4. Selanjutnya bagian pengecekan dan pelumasan bagian motor listrik dari kipas angin tersebut. Untuk pengecekan bagian motor listrik ini kita dapat menggunakan Avometer untuk mengecek tegangan, hambatan dan daya (sesuai standarisasi pada label/stiker yang ada pada kipas) yang dihasilkan pada motor kipas tersebut. Lalu untuk bagian pelumasan motor pada kipas kita dapat melalukannya setelah kita membuka body pengaman motor kipas tersebut. Setelah kipas membuka body pengaman lalu kita lumasi bagian motor kipas menggunakan pelumas (contoh : WD-40). Setelah melakukan pelumasan lalu kita pasang kembali body pengaman motor pada kipas kembali. Pada bagian ini kita dapat melakukan setiap 1 bulan sekali.

5. Lalu untuk bagian perawatan terakhir adalah bagian pengecekan saklar dan kabel-kabel pada kipas. Saklar pada kipas ini berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik yang mengalir pada kabel supply PLN ke motor listrik. Apabila saklar pada pada kipas sudah tidak berfungsi maka kipas tersebut tidak dapat dinyalakan maupun dimatikan. Pada bagian pengecekan kabel dan saklar ini dapat kita lakukan pada jangka panjang, setiap 3 bulan sekali.

(Dari berbagai sumber)

Iklan
%d blogger menyukai ini: