Beranda > Artikel > Tips Merawat Kaset

Tips Merawat Kaset

Agustus 23, 2010

Kaset sempat merajai pasaran sampai pada awal tahun 90-an. Benda itu berhasil menggeser pamor piringan hitam. Dan selama satu dasawarsa telah terjadi perkembangan musik yang demikian cepat. Banyak yang kemudian berpindah ke jalur pita.

Tips berikut dapat membantu Anda yang berhubungan dengan kaset.

SUARA MENDEM

Ada beberapa cara untuk menormalkan suara dari pita kaset yang terpendam, yaitu:

1. Mengganti busa atau bantalan dimana pita berjalan. Atau istilah pabrik kaset biasa menyebutnya dengan pressure pad dan tape opening. Anda bisa menggantinya dengan pressure pad dari kaset yang sudah rusak.

2. Mengganti pressure pad dengan segumpal kapas. Gunakan kapas secukupnya. Jangan terlalu padat.

3. Mengganti pressure pad dengan filter rokok putih [Marlboro, A Mild dan sebagainya]. Gunting filter rokok secukupnya lalu selipkan tapi jangan terlalu padat.

4. Menekuk pressure pad ke atas secukupnya. Ini hanya dilakukan jika busa yang menempel pada pressure pad masih cukup baik.

5. Cara kelima masukkan dalam kantung plastik transparan, lalu masukkan kulkas selama 15 menit hingga 1 jam. Hindari tetesan air.

HEAD DAN ROLLER TAPE

Suara terpendam bisa diakibatkan pula oleh head dan roller tape yang kotor. Jadi sering-seringlah membersihkan dan memeriksa bagian tersebut. Bersihkan secara berkala [tergantung seberapa sering tape digunakan]. Anda bisa membersihkannya dengan menggosok head dan roller yang berada disebelahnya secara perlahan dengan kertas.

Di bawah tempat penutup kaset pada tape player ada sebuah lubang kecil berdiameter beberapa mili. Lubang itu dibuat bukan tak ada gunanya. Disitu Anda bisa mengatur posisi ketinggian head.

Dan untuk menjangkau baut pegas head itu Anda bisa gunakan obeng min kecil. Putarlah sedikit ke kanan atau ke kiri untuk mengubah performa suara tape Anda. Bagian ini bisa Anda lakukan sambil mendengarkan kaset agar tahu perubahan suara yang terjadi.

JAMUR

Kaset yang tidak digunakan dalam waktu cukup lama akan berjamur. Apalagi bila kaset itu ditaruh ditempat yang kelembabannya cukup tinggi. Cara membersihkannya sebagai berikut:

1. Ganti kotak atau kemasan kaset kalau kemasan yang lama sudah sangat lusuh.

2. Bersihkan bagian dalam kotak dengan kuas kecil yang halus.

3. Bila jamur telah menjalar ke pita kaset, bersihkan dengan kuas halus yang sudah dibasahi alkohol secukupnya.

Catatan:
* Setelah mengganti pressure pad, masukan kaset ke dalam tape atau player. Klik tombol rewind hingga gulungan pita habis. Lakukan rewind ke kanan dan ke kiri 1-2-3 kali. Ini dilakukan untuk mengembalikan posisi pita yang bergeser dari tempatnya.
* Simpanlah kaset di tempat yang kering.
* Pita kaset yang berwarna lebih gelap atau kehitaman lebih awet dibanding yang berwarna coklat.
* Setelah dibekukan dalam kulkas biarkan kaset mengering secara alami. Jangan dijemur diterik matahari apalagi di keringkan dengan hair dryer atau di goreng.
* Hindari memutar ulang lagu yang sama berkali-kali. Biarkan kaset berputar hingga habis secara alami.

(Dari berbagai sumber)

Iklan
Kategori:Artikel Tag:,
%d blogger menyukai ini: